Kolesterol???

Umur 22 tahun, tinggi badan 160, berat badan 45kg, kulit sawo terlalu matang sampe agak gelap, rambut lurus buatan (asli keriting), mata cantik bersinar hahaha dan lain sebagainya…

Bagi sebagian orang yang ngeliat aku mungkin mereka gak sadar kalo aku yah lumayan punya riwayat penyakit mematikan

Bapak Diabetes

Mama Hipertensi

Aku KOLESTEROL

Hahahahaha bercanda kokkk… iyaaa bercandaaaaaa (huaaaakkzzzz natakin air mata pake ember)

Ngarepnya sih bercanda tapi di usiaku yang baru menginjak angka 20an aku memang udah mengonsumsi obat penurun kolesterol tiap malem yang syukurnya itu obat generik jadi bisa aku beli pakai uang jajan ala mahasiswa (miskin)

Kenapa bisa kolesterol??? Selain diabetes ternyata bapakku juga pengidap kolesterol (aduh bapakkkk… yang lain malah bagi warisan tapi bapak malah bagi penyakit) dan permasalahannya adalah pola makan aku yang sembarangan juga sangat mendukung untuk penyakit ini berkembang biak dan berfoto sintesis dengan mudah di badan aku.

Gorengan? Hahahahaha maaf ya aku gak doyan makan gorengan karena gorengan bikin tenggorokan seretttt tapi inti dari permasalahan adalah AKU PECINTA DAGING, SUSU, KEJU dan makanan high class lainnya yang awalnya aku pikir kalo makan makanan keren bisa bikin cepet kaya (pemikiran paling gak masuk akal)

Berat badan kurus bisa kolesterol? Mau berat kayak lidi juga kalo pola makan sembarangan ya pasti kena kolesterol apalagi ditambah ada riwayat penyakit dari orang tua, pasti menambah tingkat kekronisan (wuduuhh udah kayak mak dokter) dari penyakit kolesterol.

Tiap malem aku selalu ingetin diri sendiri untuk minum obat karna aku gak mau meninggal di usia masih belia yang bagaikan kuncup bunga mawar baru merekah (yuk mas dibeli bunganya 5000/tangkai hahaha) jadi yaaa tiap inget mati langsung minum obat deh sebelum bobok…

Selain minum obat aku juga nyempetin olah raga seminggu 2 kali, karena obat akan berfungsi lebih baik lagi dengan dibarengi oleh olahraga jadi kolesterol cepet turun dehhh…

Seumur hidup minum obat kolesterol??? Pernah aku berhenti mengonsumsi obat kolesterol tapi karena akunya yang gak bisa tahan sama makanan enak ya kolesterol naik lagi deh sampe bikin kakilah, tanganlah, rahanglah nyut-nyutan tanpa sebab.

Cara aku tau kalo koleterol aku naik itu biasanya aku cepet ngantuk pas siang hari padahal malemnya gak begadang, laper terusss, badan pegel-pegel padahal gak pernah kerja berat, dan kalo kolesterol udah akut pasti ada salah satu anggota tubuh yang sakit, pernah kaki aku sakit banget sampe susah dipake jalan padahal gak keseleo atau nabrak apapun dan RINI (mama aku yang paling keren) nyuruh cek kolesterol. Aku bukannya ketawa waktu mama aku nyuruh cek karena aku tipe yang gak pernah ngeremehin penyakit apapun dan aku selalu dengerin nasehat orangtua kalo berhubungan dengan penyakit. Langsung setelah itu aku pergi ke apotek yang nyediain fasilitas cek kolesterol, nyampe disana eh malah mbak-mbaknya ketawa waktu aku bilang mau cek kolesterol katanya “mbak kurus gini gak mungkin kolesterol, palingan mbak cuma pegel” aduh mbak hari gini saya cuma pake kaki jalan ke dapur cari makanan dan gak kerja berat berat ya gak mungkin banget pegel, jadilah aku ngotot mau cek dan hasilnya…

JENG…JENG….JENG….JENG….

236mg/dl dan maksimal untuk kolesterol itu 200mg/dl

Dan aku udah lewat batas maksimal (krik…krik….krik….)

Antara kaget, pengen nangis, gak tau musti ngapain numpuk jadi satu. Setelah cek aku mutusin untuk pulang ke rumah lalu cerita sama Rini dan aku dikasi obat untuk penurun kolesterol. Setelah minum obat 2 hari sakit di kaki yang udah 1 minggu langsung ilang HOREEEEEE

Setelah saat itu aku mulai menjauhi makanan yang konon katanya high class itu ya walaupun tetep makan sih… dikit… hehehehe karena emang susah banget buat aku untuk langsung gak makan makanan enak jadi aku mulai mengurangi porsinya

Jadi buat kalian harus jaga kesehatan ya karena kalo udah kronis pasti lebih susah untuk nyembuhin atau bahkan gak bisa sembuh lagi.. Stay Healthy

5 pemikiran pada “Kolesterol???

  1. Minum airnya gmna ? Kira2 perhari minimal habis 2liter air g ? Sebaiknya makan yg no msg *susah sih klo beli makan di luar rata2 pke msg. Klo suka sering laper lemes n badan pegel kyknya gejala diabetes udah cek gula darah blm? 1hari maximal konsumsi 7sendok makan gula*kue, biscuit,roti,softdrink,permen kadar gulanya hrs di hitung. Sayur hijau? Doyan gak? Banyak makan yg hijau2 deh…dulu aq jg high kolestrol tb 150cm bb 44kg waktu itu.

    Suka

    1. wah mbak pernah kolesterol juga??? widiiihhh aku ada temen donk hahahahaha

      aku mah doyan banget minum air mbak, biasanya juga aku minum sampe gentong-gentongnya hahahahahaha… klo softdrink itu aku gak bisa minum krn bikin perut kembung (kampungan banget ya hahahahahahaha)

      klo diabetes syukurnya enggak mbak, soalnya aku gak terlalu suka makan nasi (udah prepare mau jadi istri bule hahahahaha) terus makan manis juga aku sering eneg jadi kadar gula biasanya dibawah 100…

      Klo sayur ya kadang inget aja makannya hahahaha mungkin karna itu juga kali ya mbak aku kena kolesterol… ckckckckckc

      Btw mbak kena kolesterol karna apa ya??

      Disukai oleh 1 orang

      1. Oh ea daging merah *sapi,kambing/babi usahakan 1x seminggu (ea bukan berarti hr ini makan daging sapi,besok daging kambing n lusa babi) klo berturut2 gtu berarti 3x deh seminggu 😆 jd antara 3macam daging merah itu dlm seminggu cukup sekali aja jgn lebih.sayur itu wajib loh…kepiting dan udang jg 1x seminggu itu kolestrolnya tinggi…tiap makan coba porsi di ukur pake piring (setengah dr piring itu sayur, seperempat nya karbohidrat, dan seperempatnya protein*tahu/tempe/telur/ikan/daging.

        Suka

      2. Aku kena kolestra itu krn suka gorengan 😅 kerupuk penyek keripik dan lauk yg di goreng kering *tempe goreng kriuk,tahu goreng kriuk,telur goreng kriuk,ayam goreng kriuk, sayur jg di goreng 😅 kayak bakwan, terong tempura kriuk plus aku g bisa minum air tawar jadi muntah.jadi g pernah minum air biasa . Selalu softdrink *dr ayahku jg ada diabetes n ibu kolestrol jd kita samaan 😆. Sejak umur 27th mulai belajar makan sehat krn wkt itu bosku disiplin…makanku di atur #terimakasih bos 😆 plus sejak nikah ma bule #etdah 😅 suamiku dia makan sehat bahkan no nasi putih 😆

        Suka

  2. Waduh kayaknya aku perlu buat schedule untuk satu minggu bolehnya makan apa aja huhuhuhu ribetnya mau hidup sehat…:'(

    Klo untuk ngukur 1/4piring ya susah akunya mbak,,, wong matematika aja aku gak lulus lulus sekarang harus nakar nasi sama lauk lauknya hahahahaha *ambilkalkulatordulu

    Jadi kadang ngerasa iri juga sama yang lain, makan gak usah nakar-nakar, makan apa aja mereka bisa…. sedih deh klo dipikir pikir…

    Hahahahahaha pantesan kolesterol mbak, lah semuanya kriuk kriuk hahahahaha tapi mbak hebat loh gak bisa minum air tapi bisa minum softdrink.. aku dulu pernah minum softdrink ehhh perutku malah kram terus masuk rumah sakit hahahahahaha *norakbangetaku

    Wahh sama dong kita ya mbak, punya ortu diabetes n kolesterol… hmmm bener-bener deh harus jaga pola makan.. tapi mbak sekarang bersyukur dong ya punya suami yang bule *ehhh maksudnya punya suami yang hidup sehat jadi bisa ikutan makan yang sehat tiap hari walaupun klo aku agak tersiksa kayaknya gak bisa makan nasi tiap hari hahahahahaha

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s